Tempat Wisata di Jogja yang Belum Terkenal

Tempat Wisata di Jogja yang Belum Terkenal

Artikel mengenai 5 Tempat Wisata di Jogja yang Belum Terkenal, Tapi, jika digali lebih lanjut, sebenarnya masih banyak potensi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya yang menarik tapi belum terlalu diketahui orang. Mana aja sih destinasi liburan yang gak mainstream di Jogja?

1. Sambut Udara Pagi dan Melihat Matahari Terbit di Puncak Suroloyo.

Obyek wisata ini berada pada puncak tertinggi Perbukitan Menoreh berada di perbatasan Yogyakarta dan Magelang. Tepatnya berada di dusun Keceme, desa Gerbosari, kecamatan Samigaluh, 45 km dari Yogyakarta-Wates.

Berikut Video Blog milik Bernaverne bercerita mengenai pengamalan dia untuk mendapatkan sunrise di puncak suroloyo

Akses ke Puncak Suroloyo

Dari Yogyakarta bisa menempuh rute :
1. Dari Yogyakarta : Jl.Godean — Kenteng — Nanggulan — Kalibawang – Suroloyo .
2. Dari arah Semarang/Magelang bisa melalui Rute Magelang — Muntilan — Jl Wates — Kalibawang — Suroloyo.
3. Alternatif yang bisa ditempuh melalui Borobudur. Akan tetapi hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Dari Borobudur ke arah selatan searah dengan Hotel Amanjiwo. Sampai terminal pengunjung harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki, karena tidak ada jalan menuju Puncak Suroloyo selain jalan setapak. Informasi dari penduduk setempat menegaskan bahwa mencapai puncak Suroloyo dari rute Borobudur hanya bisa dengan berjalan kaki. Namun jika tertarik bisa ditempuh rute ini karena rute ini menawarkan pemandangan yang lebih memukau mata.

DISKON 31% HANYA BULAN INI,KLIK GAMBAR DIBAWAH INI!

Waktu Terbaik Ke Puncak Suroloyo

Waktu terbaik untuk menikmati indahnya alam dari puncak suroloyo adalah saat matahari terbit sampai pukul 10.00 WIB, tentu saja saat musim kemarau, sebab pada musim-musim ini wisatawan bisa menyaksikan pesona sunrise dan sunset nan indah tanpa terhalang mega maupun kabut. Bahkan jika cuaca sedang cerah-cerahnya, wisatawan yang berada di puncak gardu pandang bisa menyaksikan Borobudur di kejauhan. Tentu saja candi megah tersebut terlihat dalam ukurannya yang mini. Selain Candi Borobudur, wisatawan juga bisa menyaksikan Pantai Glagah dan hamparan kebun teh menghijau di kaki Gunung Sindoro Sumbing.

Untuk mencapai loaksi ini, pengunjung harus berjalan menanjak lebih sari 150 meter, melalui kurang lebih 286 anak tangga dengan sudut kemiringan antara 30 sampai 60 derajat. Pemandangan di puncak ini dapat dinikmati dari tiga gardu pandang yang terkenal atau disebut juga dengan “pertapaan” yaitu Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *