Tips Memulai Investasi Rumah Kontrakan Bagi Investor Pemula

Untungnya Investasi Rumah Kontrakan yang Menjanjikan

Properti selain bisa digunakan untuk tempat tinggal pribadi, bisa juga dijadikan untuk lahan investasi.

Bisnis investasi rumah kontrakan bisa menjadi salah satunya yang menjanjikan banyak keuntungan.

Bagi kalangan profesional, bisnis rumah kontrakan memang menjadi lahan basah untuk meraup untung besar.

Jika Anda adalah pemula dalam bisnis ini, tak perlu berkecil hati. Memang dalam mengatur bisnis ini tidak cukup mudah, namun Anda tetap bisa belajar bukan?

Tips Investasi Rumah Kontrakan

Simak beberapa tips memulai bisnis investasi rumah kontrakan berikut ini yang akan menguntungkan bagi Anda.

#1 Pilih Lokasi

Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pemilihan lokasi rumah yang akan menjadi target investasi Anda, gunakan saja jasa dari agen properti profesional.

Namun, jika Anda bisa melakukannya sendiri, itu jauh lebih baik. Dalam melakukan pemilihan lokasi, yang terpenting adalah pendekatan terhadap seluruh properti dan lingkungan yang sekiranya sesuai dengan keinginan Anda.

Mempertimbangkan cakupan daerah, jika memang Anda ingin mengurusnya properti sewa itu sendiri, ada baiknya lokasi properti tersebut tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Namun jika Anda ingin menyewa orang lain untuk mengurusnya, lokasi bisa dimana saja, bahkan yang jauh sekalipun dari tempat tinggal Anda karena Anda dapat mengecek melalui orang sewaan tersebut.

#2 Lingkungan

Perhatikan kualitas dari lingkungan tempat properti sewa yang akan menjadi lahan investasi Anda.

Jika target pasar Anda adalah mahasiswa, maka Anda perlu membeli properti di daerah dekat dengan sekolah tinggi atau universitas yang merupakan destinasi para pelajar dan mahasiswa menimba ilmu.

Jika Anda ingin menyasar para karyawan dan pekerja kantor, Anda bisa memilih daerah yang bersanding dengan daerah mall atau daerah perkantoran.

#3 Sekolah

Ada kemungkinan jika penyewa rumah kontrakan Anda memiliki anak dan membutuhkan sekolah yang berkualitas. Daerah lingkungan rumah kontrakan juga akan mempengaruhi. Harga sewa yang sesuai dengan rumah kontrakan tersebut.

Pastikan rumah kontrakan Anda dekat dengan sekolah yang berkualitas dan memiliki reputasi yang baik.

#4 Tingkat Kriminalitas

Berbicara mengenai keamanan, tentu setiap orang tidak ingin tinggal di lingkungan yang memiliki tingkat kriminalitas atau kejahatan yang tinggi dan sudah terkenal tidak menjamin keamanan dari warga yang tinggal di daerah tersebut.

Untuk mengetahui daerah dengan tingkat kriminalitasnya alias tingkat keamanannya, Anda dapat pergi ke kantor polisi dan meminta informasi mengenai data statistik tingkat kejahatan terkini mengenai tempat yang akan menjadi lokasi properti Anda.

Data yang diberikan oleh pihak kantor polisi tentu lebih akurat dan dapat dipercaya ketimbang Anda bertanya kepada pemilik rumah atau tetangga di sekitar rumah tersebut.

#5 Lapangan Kerja

Biasanya, lingkungan yang berada pada satu kawasan perkantoran memiliki tingkat peminat rumah kontrakan yang cukup tinggi.

Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai daerah dengan pertumbuhan ekonomi tinggi dan bandingkan juga dengan rata-rata pertumbuhan manusia.

Selain itu, perusahaan yang akan berekspansi untuk membangun perusahaan di lokasi baru, bisa jadi lahan menguntungkan untuk bisnis rumah kontrakan Anda.

#6 Sarana Umum

Lingkungan dengan sarana umum yang memadai bagi warganya juga sangat berpengaruh terhadap tingkat harga sewa dari sebuah rumah kontrakan.

Anda perlu memastikan sarana umum seperti taman, mall, bioskop, transportasi publik yang berada di sekitar rumah tersebut.

Banyak peminat yang akan menyewa rumah kontrakan dengan fasilitas umum yang memadai apalagi dekat dengan moda transportasi umum atau juga dengan pintu tol.

#7 Perkembangan dan Pertumbuhan Kota

Melalui media massa konvensional, berita di TV atau melalui kabar online di media sosial, dapatkan berbagai informasi mengenai perkembangan dan laju pertumbuhan sebuah kota.

Anda bisa memperhatikan daerah yang sedang mengalami laju pertumbuhan yang positif.

Misalnya, sebuah daerah yang semakin banyak kantor atau gedung mall dan juga apartemen.

#8 Tentukan Harga Sewa yang Sesuai

Harga sewa ini sangat penting karena keuntungan akan didapat darinya.

Namun dalam dalam perhitungannya tentu harus dengan mempertimbangkan banyak hal.

Sebelum Anda membeli properti untuk rumah kontrakan, Anda juga harus menghitung pengeluaran operasional rumah kontrakan tersebut dan apakah harga sewa yang nantinya dibebankan pada penyewa akan bisa menutup biaya cicilan, pajak dan berbagai pengeluaran operasional lainnya atau tidak.

Lihat juga perkembangan kawasan tersebut karena akan mempengaruhi kenaikan harga sewa setiap tahunnya mengingat harga tanah cenderung mengalami kenaikan.

#9 Asuransikan Rumah Jika Diperlukan

Ada baiknya sebelum membeli properti yang akan dijadikan lahan investasi rumah kontrakan, cek terlebih dahulu riwayat lokasi apakah sering terjadi bencana seperti banjir, tanah longsor, gempa dan sebagainya.

Hal ini akan berpengaruh pada keputusan Anda untuk mengasuransikan rumah tersebut.

Jika memang rumah tersebut tidak ada riwayat bencana yang berarti, mungkin Anda bisa mengalokasikan dana asuransi rumah untuk hal lainnya yang lebih mendesak.

#10 Kumpulkan Informasi

Jalinlah hubungan yang baik dengan masyarakat atau tetangga sekitar di daerah rumah yang Anda incar untuk bisnis rumah kontrakan tersebut.

Gali berbagai informasi terkait setiap hal yang berhubungan dengan kondisi lingkungan dan perkembangan di daerah setempat.

Memulai Investasi Rumah Kontrakan

Lakukan survei dan riset pada jika diperlukan untuk mengetahui properti yang baik agar Anda tidak kecewa di kemudian hari saat sudah membeli properti tersebut.

Cek juga kondisi keuangan Anda apakah sudah siap untuk melakukan bisnis investasi rumah kontrakan tersebut.